Cerita Perjalanan Ke Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar - Arigamcoy
Yuk ngeblog mudah

Cerita Perjalanan Ke Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar

     

melihat bukit indah di perjalanan ke meliau

    Meliau merupakan satu satu kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau Kalbar, Meliau cukup dekat dengan kecamatan Tayan yang hanya berjarak kurang lebih 30 KM dan dapat ditempuh sekitar 1 jam berkendara menggunakan sepeda motor. Selain menggunakan sepeda motor teman-teman juga bisa menggunakan mobil untuk pergi ke meliau. Jika dari Pontianak teman-teman bisa menempuh perjalanan sekitar 3 jam-an menggunakan sepeda motor, semua tergantung cepat tidaknya lagi kalian berkendara. Namun kalian harus berhati-hati ketika melewati jalan tayan-meliau, dikarenakan jalannya masih ada yang tanah kuning serta naik turun bukit. Jadi tidak bisa memacu kendaraan dengan kencang.


Akses Jalan ke Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar

    Perjalanan saya bersama Imam menuju Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar di mulai dari pontianak, berangkat pukul jam 7.30 pagi. Sebelum langsung berangkat ke Meliau, saya berhenti sebentar di bengkel motor untuk ganti rantai agar aman ketika diperjalanan. Setelah selesai dari bengkel sekitar jam 08.00 lewat dikit kami langsung gas menuju meliau melewati jalan trans kalimantan ke arah tayan. Rute yang di tempuh dari pontianak ke tayan sekitar 116 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih, kecepatan sepeda motor 80-90 KM/Jam di jalan trek lurus. Sampai di tayan sekitar jam 10.00 lewat, kami istirahat sebentar sambil minum dan istirahat mendinginkan mesin motor . Jam 10.30 kami lanjut perjalanan ke meliau dengan harap-harap cemas tentang jalan yang kami lewati, maklum kami berdua belum pernah ke meliau. Tidak jauh setelah melewati kawasan keraton tayan, jalan tayan meliau masih bagus aspal. Setelah 2-3 kilo kedepan tampak jalan berwarna kuning serta batu kerikil dan banyak kegiatan proyek dari beberapa perusahaan. Alhasil kami memacu kendaraan kurang lebih hanya 20-30 KM/Jam dikarenakan kondisi jalan yang tidak bersahabat. 


Pemandangan di Perjalanan Ke Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar

Foto dengan latar bukit indah di meliau

    Meski perjalanan ke Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar melewati jalan tanah, kami cukup menikmati perjalanan tersebut karena di perjalanan selain melihat perkampungan warga yang rata-rata di pesisir sungai. Kami cukup takjub dengan bukit yang kami lihat di perjalanan tersebut. Tidak lupa untuk mengabadikan momen tersebut, kami berhenti sejenak untuk sekedar berfoto untuk dokumentasi perjalanan. Selain melihat bukit nan indah itu, kami juga banyak melihat perkampungan yang banyak memelihara sapi, jadi ketika lewat perkampungan banyak sapi yang kami lihat. Mungkin sebagian orang sudah biasa, namun bagi saya yang jarang melihat sapi yang banyak menjadi kan hal tersebut sebagai suatu hal yang wah bagi saya :). Apa lagi bisa bawa pulang 1 ekor ya kan  :D hahaha


Sampai di Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar

    Sampai di Meliau Kabupaten Sanggau Kalbar, saya merasakan suasana baru yang belum pernah saya lihat. Itulah tujuan saya berkunjung di suatu daerah yang belum pernah saya datangi, selain wisatanya yang menjadi topik utama di blog saya. Berkunjung di suatu daerah serta mengexplore apa yang ada di daerah tersebut menjadi poin penting karena dengan tau daerah tersebut maka pikiran kita juga akan semakin luas.
Di meliau saya berkunjung ke rumah teman, tepatnya rumah kakak teman saya yang bernama Arya, dia sementara tinggal di meliau karena sebelumnya dia ada kegiatan magang di suatu sekolah di meliau. Setelah bertemu arya kami di ajak keliling sekitaran meliau atau sekedar berkeliling dan bersantai sebentar di dermaga sambil istirahat. 


dermaga meliau

dermaga meliau


Waktunya Pulang dari Meliau ke Pontianak

    Tidak lama saya di meliau sekitar jam 13.30 siang saya berangkat pulang ke pontianak dan berpamitan dengan teman saya " Arya ". Sampai di tayan sekitar jam 14.45 dan kami lama istirahat di tayan, tepatnya di Kawasan Keraton Pakunegara. Pulang ke Pontianak sekitar jam 16.00 lewat dan sampai di kota pontianak sekitar jam 18.00 lewat.



Add your comment