Taman Wisata Bukit Kelam Sintang Kalbar | Arigamcoy

Amazing Bukit Kelam Kota Sintang Kalimantan Barat
Amazing Kelam

Tentang Bukit Kelam

Gunung Kelam atau Bukit Kelam ( dalam sebutan masyarakat setempat ) merupakan gunung yang terletak di Sintang Kalimantan Barat, Tepatnya terletak di 20 KM dari kota Sintang dan sekitar 395 KM dari kota Pontianak. Bukit ini membentang dari barat ke timur dengan ketinggian 1.002 mdpl yang merupakan Sebongkah Batu Raksasa Monolit. Kawasan Gunung Kelam ini berada di wilayah kecamatan Kelam Permai Kab.Sintang, tepatnya di Hutan Wisata Bukit Kelam dan berada diantara dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas.
Gunung ini memiliki tanaman endemik Kantong Semar dari Spesies Nepenthes clipeata. Jika kalian ingin melihat tanaman endemik ini bisa dengan mendaki ke atas gunung, dimana dibutuhkan 4-5 jam untuk naik. Selain kantong semar, digunung kelam juga terdapat Anggrek Hitam yang sulit dicari.Selain Flora kantong semar dan anggrek hitam, Fauna yang dilaporkan masih terdapat di Gunung Kelam seperti beruang madu dan trenggiling.
Bukit Kelam menjadi Objek Wisata di Sintang serta menjadi Ikonik untuk kota sintang kalimantan barat. Sampai-sampai ada yang bilang belum ke Bukit Kelam artinya belum sampai ke Sintang kata nya.

Perjalanan Pontianak-Sintang Naik Bus Damri

Damri rute pontianak sintang di terminal ambawang

Inilah perjalanan solo travelling aku ke Kota Sintang, tujuan utama aku ke sintang yaitu acara Festival Wonderful Bukit Kelam, namun sebelum pergi ke acara itu aku masih bingung dengan apa pergi ke sana karena tidak ada kenalan serta angkutan umum seperti Angkot jika aku sudah tiba di Sintang. Aku nekatkan pergi ke sintang pada saat itu, dari Pontianak pagi hari aku sudah menunggu BUS Damri di Terminal Bus Ambawang dikarenakan malam harinya aku sudah pesan tiket BUS di Traveloka. Perjalanan ditempuh 7-8 jam dari pontianak ke sintang dengan 1 kali pemberhentian untuk istirahat di rumah makan.
Sesampai di Sintang waktu sudah menunjukkan waktu pukul 17.00 sore, tujuan pertama aku yang terpenting adalah mencari penginapan. Pertama aku pergi ke masjid untuk shalat, setelah itu beristirahat sebentar sambil mencari informasi tentang penginapan terdekat. Namun aku tidak beruntung karena 3 penginapan terdekat yang aku temui semua penuh karena pada saat itu pas ada acara penutupan gawai dayak jadi aku tidak dapat penginapan.

Beruntungnya Ketemu Si Cantik Fitri di Sintang

Keberuntungan masih memihak aku, di waktu istirahatku sambil aku buka media sosial. Aku melihat akun fitri yang ternyata sekolah di sintang. Di mulai dari situlah aku buru-buru menghubungi keluarga fitri ( ning yeti ) yang mana keluarganya itu tetangga aku. Dapatlah aku nomor si Fitri dan menghubunginya untuk bertemu.

Pergi Ke Bukit Kelam Sewa Sepeda Motor

Keesokkan harinya aku pergi dengan Fitri ke bukit kelam dengan menyewa sepeda motor temannya fitri dengan tarif Rp.50.000 untuk satu hari. Untuk ke Kawasan Bukit Kelam bisa ditempuh sekitar 30-40 menit hingga ke kaki bukit. Di sepanjang perjalanan kalian bakal disuguhkan dengan pemandangan alam mulai dari kiri dan kanan seperti kebun sawit,pisang dan pohon karet.
Akses jalan pergi ke kaki bukit terbilang sangat baik dengan aspal yang mulus namun jalanan yang naik turun, jadi untuk itu harus berhati-hati bagi pengendara.

Mencari Spot Keren di Bukit Kelam

Sampai di simpang masuk bukit kelam, aku langsung masuk ke dalam yang mana di dalam pada waktu itu ada panggung besar acara Festival Wonderful Kelam, namun aku tidak masuk melihat acara artis yg bernyanyi di panggung itu. Aku niatkan masuk lebih dalam lagi hingga ketemu pintu masuk untuk para pendaki yang ingin naik ke puncak Gunung. Lagi-lagi bukan itu yang aku cari, karena aku hanya sementara pergi ke Sintang jadi harus membagi waktu semaksimal mungkin.
Masuk lebih dalam melintasi jalan yang berbukit serta berbelok-belok sampai ke simpang untuk arah masuk ke GOA Maria. Disitu aku berhenti sejenak dan melihat kondisi dan berpikir untuk masuk atau tidak, pada saat itu seperti sepi banget kalau masuk ke dalam. Bincang-bincang dengan Fitri, kami putuskan untuk tidak masuk ke dalam dan mencari spot foto lain yang juga keren. Ketemulah di medsos foto Amazing Kelam , banyak warga net yang foto-foto di situ dan kami juga ingin pergi kesana.
Bertanya kepada anak-anak desa yang bermain di sekitaran Pintu Goa Maria,mereka memberi tahukan bahwa lurus saja “ kata mereka “ nanti ketemu simpang jalan tanah kuning belok di situ “ Jawab lagi kata mereka “. Membulat kan niat aku langsung berangkat dan ketemu simpang yang dimaksud.
Jalan Simpang ke Kiri Amazing Kelam

Masuk ke simpang tersebut jalan sudah tanah kuning dan berbatu, jika kalian ke sini jangan sampai pada musim hujan ya, pasti susah untuk dilalui. Sesampai di spot Amazing kelam disitu sudah tampak spot foto keren berlatar Bukit kelam dan tulisan Amazing Kelam serta juga banyak warga yang berkunjung untuk sekedar berfoto ria.
Sepulang dari sini aku melanjutkan perjalanan untuk pergi ke Panorama Kedah Tempunak, namun sebelum ke sana Aku berniat pergi ke Keraton Sintang.