Wisata Danau Biru Selakau Timur Viral di Sambas dan Sekitarnya !!!

Danau Biru Selakau timur menjadi objek wisata hits tahun ini
Danau Biru Selakau Timur

Sambas merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 639.570 ha yang merupakan wilayah bagian pantai barat paling utara provinsi kalimantan barat. 


Sambas terkenal dengan budayanya hingga wisatanya, banyak wisata-wisata tersembunyi sambas yang sangat di kenal seperti Pantai Temajuk, Keraton sambas , Pantai di Jawai seperti Pantai Putri Serayi , Pantai Kalang Bahu ( tersembunyi susah lokasinya untuk di capai ) , Pantai Lestari , Pantai Tanah Itam , dan banyak lagi objek wisata lainnya. Nah kali ini yang lagi panas-panasnya, lagi viral di sambas tepatnya di Selakau yaitu sebuah Danau atau Kolam bekas tambang yang sudah tidak digunakan lagi dan sekarang malah viral dengan keindahan warna airnya yang biru di danau ini.

Kolam bekas tambang ini dikenal dengan Danau Biru Selakau timur, kenapa begitu namanya...???, nama itu terbentuk sendirinya dari omongan masyarakat yang berkunjung dari waktu ke waktu yang mana selalu membicarakan danau biru di kecamatan selakau timur maka dari itulah sering di sebut “ Danau Biru Selakau Timur “.

Pasti kalian yang hobby jalan pasti pengen untuk pergi ke sini kan, tapi bingung untuk kesananya. Bagi yang punya kenalan pasti lebih enak bisa ajak kenalannya untuk mengantar ke danau ini, tapi bagi yang tidak ada kenalan kalian jangan berputus asa, kalian bisa pergi ke daerah selakau ini yang mana tidak jauh dari singkawang.

Dari singkawang sekitar 20-30 menit ke simpang masuk ke selakau, sebelum simpang itu kita terlebih dahulu melewati jembatan sebelum pasar selakau, kemudian sesampainya di pasar selakau nanti ada simpang kanan arah menuju selakau tua ( masuk saja ke dalam ).
Wisata Sambas Danau Biru Selakau Timur yang lagi Viral di Kalimantan Barat
foto mimin ni :D

INGAT !!!
jika ada persimpangan di harapkan kalian bertanya kepada masyarakat sekitar arah ke danau biru, itu di karenakan terdapat beberapa persimpangan yang bisa membuat kita salah jalan.

Setengah perjalanan masuk kedalam kita di suguhi pemandangan desa selakau yang asri dengan pemandangan persawahan dan permukiman warga. Tidak lama kemudian sehabis jalan aspal yang sedikit-sedikit berubah menjadi “kuning” alias tanah dimana jika hujan kita akan melewati kubangan lumpur.

Dijalan tanah kalian harus masih cukup jauh masuk lagi ke dalam sampai melewati bukit hingga permukiman warga yang tidak ada lagi. Nah setelah itu kalian akan melewati perkebunan sawit sampai menemukan Plang nama yang ditulis warga sebagai penanda arah jalan / masuk ke tujuan danau biru. Masuk saja mengikuti arah dari plang itu di mana melewati perkebunan sawit yang lebat hingga menemukan warung-warung jualan warga yang ada di sekitar danau biru.

Mungkin lebih gampangnya memang mengajak teman yang sudah tau danau ini, namun jika kalian memang suka jalan-jalan itu bukanlah sebuah rintangan yang sulit, kuncinya Cuma bertanya jadi selamat meng-explore Danau Biru :)

Berikut ini aku lampirkan beberapa foto dan video sebagai dokumentasi/kenangan waktu aku ada di danau ini:

Danau Biru atau Kolam Biru Selakau timur lagi viral di Sambas Kalbar

Danau Biru atau Kolam Biru Selakau timur lagi viral di Sambas Kalbar

Danau Biru atau Kolam Biru Selakau timur lagi viral di Sambas Kalbar

Danau Biru atau Kolam Biru Selakau timur lagi viral di Sambas Kalbar