HUT PGRI Se-Kabupaten Bengkayang di Perbatasan Jagoi Babang

perbatasan jagoi babang indonesia dengan serikin malaysia
Pos Terpadu Lintas Batas RI-Malaysia di Jagoi Babang Bengkayang
Jagoi Babang merupakan pos perbatasan yang berbatasan dengan Serikin Malaysia. Meski pos ini tidak begitu besar tapi penjagaannya cukup ketat.

Aku berkunjung ke Jagoi Babang ini dalam Rangka HUT PGRI Se-Kabupaten Bengkayang, dimana orang tua aku salah satu pegawai negri sipil jadi aku ikut dan mumpung bersama orang tua kan :).

Subuh-subuh sehabis shalat subuh kami sudah berangkat dari pontinak menuju bengkayang, sampai di bengkayang kota sekitar jam 9 an siang. Di bengkayang kota kami istirahat sebentar sembari menunggu teman bapak aku yang lewat pas kami istirahat. Ternyata tidak ada yang ketemu cuma guru lain dari sekolah lain.

Kami lanjutkan perjalanan , tidak lama di perjalanan kami di hadapkan hujan deras yang membuat kami singgah berteduh di toko tepi jalan raya bengkayang. Setelah sedikit reda hujannya kami mencoba melanjutkan perjalanan dan ketemu teman bapak aku yang sendirian bermotor kemudian kami ajak untuk bersama-sama dan kami pun lanjutkan perjalanan.

Sewaktu di jalan serta waktu pun menunjukkan shalat zuhur, kami berhenti di Masjid Sanggau Ledo dan di situ ternyata banyak teman bapak yang pada mau shalat zuhur juga. Selesai shalat, ada yang pakai mobil iring-iringan dengan mobil dan yang pakai sepeda motor bersama-sama gabung dengan kami iring-iringan dengan sepeda motor masing-masing.

Baca Juga : Kegiatan Aku di PLBN ARUK Sajingan Sambas

Beberapa kali kami terkena hujan di jalan, sampai sakin lamanya hujan membuat waktu yang harusnya sebelum shalat asyar sudah sampai ke lokasi ini malah sore hari baru sampai di jagoi babang tepatnya di lapangan tempat acara lomba peserta PGRI yang juga menjadi agenda HUT PGRI. Disitu meski hujan tapi sangat ramai yang datang, setelah lama istirahat dan berteduh kami melanjutkan untuk mencari tempat menginap untuk para guru. Tidak lama mencari, akhirnya ada yang menunjukkan bahwa kami menginap di salah satu sekolahan. Beruntung sekolahannya tidak jauh dari lapangan titik kumpul peserta yang ikut lomba HUT PGRI.

Bagi yang tidak mau menginap ke sekolahan, ada juga yang menginap di penginapan yang tersedia oleh masyarakat namun dengan biaya sendiri. Aku berdua dengan bapak aku tidur di sekolahan bersama guru-guru lain yang satu kecamatan. Di sekolahan itu cukup ramai, sampai ada yang tidur di luar sekolah tidak di dalam kelas. Ke esokkan harinya aku dan bapak ku bergegas pagi-pagi pergi ke perbatasan untuk sekedar melihat-lihat.

Dimulai dari melewati pos batas yang di jaga tentara indonesia, disitu juga terdapat penginapan yang tidak jauh dari pos jaga serta tidak jauh dari pos pertama terdapat markas / kompi tentara Indonesia yang terdapat tugu.
tugu perbatasan jagoi babang indonesia dengan serikin malaysia

Lanjut perjalanan tidak jauh dari markas tentara kami melewati pasar dan ketemu tugu pancasila seperti foto di atas dan menyempatkan berhenti untuk berfoto di area tugu itu.

Setelah itu kami melanjutkan ke pos terakhir, disaat perjalanan kami melihat sebuah gedung besar yang tidak di gunakan lagi serta yang aku lihat sepertinya dulu di gunakan untuk pos jaga dan kegiatan imigrasi bagi yang keluar masuk Indonesia.

Baca Juga : Wisata ke Temajuk (Indonesia) dan Telok Melano ( Malaysia )

Dari situ jalan sudah bercabang dua dan jalannya juga rusak, aku putuskan untuk mengikuti jalur yang ramai di lalui masyarakat sekitar dan benar ternyata itu jalan menuju pos terakhir. Di Pos terakhir ini terdapat tugu kecil dan di pos ini di jaga oleh tentara Indonesia serta ada polisi malaysia juga. 
Lokasi pos ini banyak toko-toko milik warga Indonesia serta terdapat juga penginapan. Kami hanya sampai pos ini karena di seberangnya itu malaysia, untuk ke sana kami butuh surat-surat. Setelah itu kami putuskan kembali ke tempat acara HUT PGRI, disana bapak aku melanjutkan kegiatan upacara sebelum acara di mulai kami sudah sampai di lokasi. Sehabis upacara kami pun pulang ke pontianak dengan selamat.

Berikut ini aku lampirkan foto ketika aku pergi ke Jagoi Babang :

Tugu Garuda Pancasila di Jagoi Babang Bengkayang
ini foto aku :D 

Tugu Garuda Pancasila di Jagoi Babang Bengkayang
ini foto Bapak aku ;)
Jembata di Jagoi babang
Foto jembatan di jagoi babang yang kecil hanya muat 1 mobil