Danau Laet - Wisata Tayan Kabupaten Sanggau

danau laet tayan
Doc : jejalantrip.com
Mungkin baru bagi kalian dengar Danau Laet, Sebelumnya Tayan banyak di kunjungi karena adanya Jembatan Pak Kasih . Kini Tayan banyak di kunjungi dari berbagai daerah untuk sekedar pergi ke Danau Laet dan berswafoto bersama teman atau keluarga. Danau Laet ini terletak di desa Subah kecamatan Tayan kabupaten sanggau. 

Lokasi danau ini sekarang sangat mudah untuk di kunjungi, itu di karenakan sudah banyak terdapat plang nama di tepi jalan sebagai penunjuk arah kita untuk ke lokasi wisata ini. Salah satunya yang menjadikan patokan untuk kita masuk ke kawasan wisata ini di bangun tugu KB, serta spanduk tentang Danau Laet.

pintu masuk danau laet zona 1
ini gerbang masuk di zona 1 danau laet.
Terdapat 2 Zona Kawasan di danau laet, sekarang aku hanya membahas di zona 1 karena waktu itu hanya pergi di zona 1. Sebelum lanjut ke tulisan berikutnya bagi kalian yang sudah lama mengikuti blog aku ini, aku pernah bahas tentang danau yang tersembunyi di tayan, aku sarankan kalian ke sana juga karena pemandangannya juga sangat bagus, namanya Danau Terentang.

Lanjut ke topik awal, di danau laet ini terdapat banyak hal yang bisa kita lakukan selain ber swafoto, diantaranya bisa berkemah, keliling danau, mancing , naik sampan dan banyak hal lainnya. Jika kalian berkeliling danau ini yang luasnya 800 HA mungkin kalian bisa melihat banyak pemandangan yang sangat indah. Sayang aku tidak punya waktu untuk keliling saat pergi kesana dikarenakan kerja sebagai guide di Jejalantrip . 

Tiket masuk aku sewaktu berkunjung ke danau laet, 1 orangnya di kenakan biaya Rp.10.000 di mana itu cukup terjangkau. Kemaren parkir kendaraannya gratis, sewaktu itu tidak ada biaya parkir mungkin masih pagi jadi tidak ada yang jaga :D. Setau aku parkirnya bayar, karena tidak ada yang minta bayaran jadi aku anggap gratis.

Buat teman-teman hindari pergi ke danau laet jika hujan, soalnya jalan masuk ke dalam dari simpang tugu KB jalan raya ke area wisata yang masuknya sekitar 4 - 4.5 KM itu semuanya masih tanah kuning dan berbatu serta naik bukit turun bukit, jadi berhati-hati saja jika sewaktu hujan. Ini hanya pengalaman aku kemaren yg menggunakan mobil, Ban mobil jenis city car slit hampir tidak mampu naik bukit yang jalannya tanah kuning ditambah kelembaban di pagi hari  serta sedikit gerimis.

Berikut ini spot yang wajib kalian kunjungi di danau laet :

Danau Laet tayan
Gerbang menuju spot foto di danau laet
Danau Laet tayan
Pemandangan di Danau Laet
Danau Laet tayan
Spot keren di Danau Laet
Danau Laet tayan
foto dokumentasi trip tayan dari jejalantrip.com
Danau Laet tayan
Wiwid & Ima
Setelah puas foto-foto di spot pertama kita bisa lanjut ke spot foto selanjutnya yaitu terdapat jembatan ala Mangrove di danau laet ini. Spot itu bernama Jembatan Suak Oyek, jadi jangan sampai di lewatkan ya kalau ke danau laet.

Jembatan Suak Oyek di danau laet
spot foto di jembatan suak oyek
Jika kalian perlu guide untuk ke Danau ini aku siap menjadi guide nya, atau kalian bisa explore Danau laet, Keraton Pakunegara serta ke Riam ensiling dalam satu kali perjalanan. Kalian bisa langsung kunjungi www.jejalantrip.com di sana terdapat paket wisata yang memudahkan kalian berwisata.