Mangrove Desa Sebubus Kabupaten Sambas

mangrove sebubus sambas

     Ekowisata Mangrove Desa Sebubus sudah mulai di kenal masyarakat sambas terutama di kecamatan paloh. Sampai sekarang daerah luar sambas seperti kota singkawang, mempawah, kota pontianak dan kota lainnya sudah mulai mengenal mangrove yang ada di desa sebubus ini, Arus kunjungan yang berdatangan mulai tampak kalau sudah waktu liburan seperti hari sabtu dan minggu. 

Mungkin sebagian orang ada yang tidak tau apa itu Mangrove, kali ini aku akan memberikan sedikit pengetahuanku tentang mangrove. Mangrove atau pohon bakau itu adalah tumbuhan yang hidup di pesisir pantai terutama di air payau yang berdaerah lumpur. Pohon bakau atau mangrove menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.

Sudah sedikit tau kan, sekarang kembali lagi ke mangrove yang ada di sebubus kab. sambas. Untuk kalian yang ingin pergi ke wisata ini kalian sangat tidak perlu di pusingkan lagi untuk mencari lokasi letak mangrove ini, karena lokasinya mudah di temukan jadi jangan terlalu khawatir.

Untuk kalian yang jauh dari daerah mangrove sambas, aku sarankan untuk kalian mencari penginapan di sekitar  tanah itam atau di kota sambas. Soalnya lumayan jauh kalau kalian yang semisal dari daerah pontianak atau kota jauh lainnya.

Mangrove atau pohon bakau ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai penahan ombak agar tidak membuat pasir yang ada di pesisir pantai abrasi. Selain sebagai penahan dari ombak mangrove juga sebagai tempat tinggalnya binatang seperti bekantan, kepiting, dan binatang lainnya.

hasil olah makanan menggunakan buah mangrove
Foto di samping merupakan hasil olahan dari buah mangrove sebagai bahan untuk membuat beberapa olahan makanan dan minuman, banyak kan hasil olahannya :) , jadi kepengen merasa ya gmna rasanya. 

Untuk mangrove itu banyak jenis ya, ad buahnya yang boleh di makan dan ada juga yang gak boleh di makan. Jadi kalian harus tau,jangan asal makan kalau ketemu buah mangrove kalau lagi jalan - jalan.



macam-macam jenis mangrove

Baca juga : Bukit liteng, Gunung rumputnya Paloh,Kab sambas 
Sedikit informasi untuk kalian yang ingin ke mangrove ini pastikan kalian melewati pasar liku, kalau belum lewat pasar liku itu berarti kalian masih jauh dan jika kalian melewati daerah merabau atau pelabuhan/ dermaga merabau itu kalian sudah di pastikan lewat daerah mangrove. Untuk mengetahui lokasi mangrove ini aku hanya memberikan sebuah petunjuk ada minimarket sebelah kiri dari arah menuju temajuk. Sebelum minimarket itu ada seperti gang sebelah kiri terus ada jembatan dan ada plang ekowisata mangrove desa sebubus. Dari jalan aspal plang nama itu nampak kok, jadi gak susah-susah amat. 

Setelah masuk ke dalam nanti pemberentian terakhir di wisata mangrove itu terdapat sungai atau muara yang mengarah ke laut jika kita keluar menggunakan speedboat, tapi sayangnya sewaktu itu kami tidak melihat adanya speed boat untuk melihat keluar mangrove, itu mungkin karena airnya sedang surut/ kering atau kaminya yang ke awalan datang di mangrove itu :D.

mangrove park desa sebubus paloh sambas

Foto di atas ini merupakan aku (kiri), masriani , bang rahmadi, dan terakhir kk ku ria ( sebelah kanan). Sebenarnya kami ke sini tidak berempat ada Jum'ah temannya Masriani dengan adiknya. Setelah dari mangrove kami ke Landasan bandara yang ada di liku dan ke Bukit liteng.